Program Percepatan (Quick Win) Kemenko PMK

Birokrasi adalah instrumen utama modernisasi, bahkan tingkat kecepatan capaian pembangunan suatu bangsa utamanya ditentukan oleh kinerja birokrasi, sehingga upaya mereformasi birokrasi sehingga mampu menjadi organisasi yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan adaptif adalah suatu keniscayaan.

 

Kemenko PMK sebagai instansi publik memiliki kewajiban untuk melakukan reformasi birokrasi bagi dirinya sendiri sesuai dengan arah kebijakan utama reformasi birokrasi nasional, dan salah satu hal paling penting dalam pelaksanaan reformasi birokrasi adalah pelaksanaan program Quick Win.
 

Quick Win merupakan kegiatan yang dapat dikedepankan keunggulannya dari aspek kecepatan, capaian target, dan dampaknya, sehingga diharapkan mampu mendongkrak kinerja organisasi secara keseluruhan. Quick Wins adalah suatu langkah inisiatif yang mudah dan cepat dicapai dalam waktu satu tahun yang mengawali pelaksanaan suatu program dalam reformasi birokrasi terutama berkaitan dengan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) serta peningkatan kualitas pelayanan publik. 

 

Quick Wins Kemenko PMK: 

  • Tahun 2017: Gerakan Nasional Revolusi Mental 
  • Tahun 2018: Transformasi Program Bantuan Sosial Pangan dari Rastra ke BPNT; dan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD)  
 
Di tahun 2019, berdasarkan berbagai pertimbangan dan assesment Tim reformasi Birokrasi, Program Keluarga Harapan (PKH) ditetapkan sebagai Quick Win Kemenko PMK oleh Menko PMK. 

Quick Win 2019

Berdasarkan perhitungan dan penilaian, maka peringkat teratas kegiatan QW yang diusulkan adalah: 

  1. BPNT 
  2. PKH 
  3. Layanan Haji

Selanjutnya atas rekomendasi unit kerja terkait, disebabkan faktor – faktor teknis lapangan, maka direkomendasikan agar PKH yang dijadikan Quick Win Kemenko PMK tahun 2019, untuk kemudian diusulkan kepada Menko PMK agar dapat ditetapkan dengan Surat Keputusan Menko PMK. 


Laporan Quick Win Kemenko PMK

Di tahun 2019, berdasarkan berbagai pertimbangan dan assesment Tim reformasi Birokrasi, Program Keluarga Harapan (PKH) ditetapkan sebagai Program Percepatan (Quick Win) Kemenko PMK. Sedangkan tahun sebelumnya (2018), sasaran dari program quick wins adalah perbaikan sistem dan mekanisme kerja dalam menyalurkan Program Bantuan Sosial Pangan dari Rastra ke BPNT dan Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) 

 Laporan-laporan berikut ini akan memberi gambaran lebih jelas mengenai Quick Win Kemenko PMK, mulai dari penetapannya hingga pada capaiannya. 

 

Laporan Quick Win Kemenko PMK Tahun 2018

Unduh

Laporan Quick Win Kemenko PMK Tahun 2019

Unduh